Kamis, 08 Februari 2018

DAUN STEVIA

DAUN STEVIA

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN STEVIA





Manfaat dan khasiat daun Stevia untuk sakit :
- Diabetes
- Kanker
- Obisitas
- Hipertensi
- Menyehatkan Jantung dll

Apa itu Stevia Rebaudiana
Spesies Stevia rebaudiana, lebih sering dikenal sebagai ‘sweetleaf, ‘Sugar Leaf, ‘daun manis, atau cukup ‘stevia, sering ditanam untuk daun pemanis. Untuk pemanis & gula pengganti, rasa stevia mempunya onset lambat & durasi yang lebih lama dibanding gula, & beberapa ekstrak yang barangkali mempunyai rasa pahit / licorice sebagaimana aftertaste dalam konsentrasi tinggi.

Di Amerika Selatan, semak tsb dinamakan Stevia Rebaudiana sudah dipakai untuk pemanis & obat herbal sejak berabad-abad. Tetapi Kemudian Pemanis yang berasal dari tanaman yang diekstrak dari daun / beberapa senyawa manis dibatasi.

Senyawa-senyawa yang menimbulkan rasa manis di daun Stevia disebut Stevioside & rebaudioside A. Mereka berdua ini lebih manis seratus kali dibanding gula. Tetapi Stevia cenderung memiliki rasa pahit setelah rasa manis. Rebaudioside A memiliki setidaknya zat kepahitan dan karena itu pemanis Stevia komersial yang sudah diproses lebih populer.

Fakta-Fakta Tentang Stevia Rebaudiana  budidaya stevia rebudiana Stevia Rebaudiana merupakan satu-satunya species dari sekitar 200 jenis stevia di Amerika Selatan yang bisa dipakai sebagai pemanis. Tahun 70-an, stevia sudah banyak digunakan secara luas sebagai alternatif gula.
Di Jepang dinamai “sutebia”, 5,6% gula yang ada di pasar ialah stevia. Sebagai pemanis pengganti gula sudah tentu Stevia aman digunakan, bahkan bermanfaat sebagai obat dibanding pemanis buatan semisal aspartam & sakarin.

Di Indonesia, penelitian untuk pengembangan stevia sudah dilakukan sejak tahun 84 oleh Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia. Dan menciptakan bibit unggul klon BPP 72. Stevia mempunyai keunggulan semisal kemanisannya yang 200-300 kali tingkat kemanisan tebu. Juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes & pengidap obesitas. Stevia juga memeliki sifat non-karsinogenik.

Zat pemanis stevia, yakni steviosida & rebaudiosida tak bisa difermentasikan bakteri dalam mulut jadi asam. Asam ini yang jika nempel di email gigi menyebabkan gigi berlubang. Karena itu, stevia tak menyebabkan gangguan pada gigi.
Stevia masuk klasifikasi perdu yang tumbuh di ketinggian 500-1000 meter di atas permukaan laut, di dataran rendah stevia cepat berbunga & mudah mati bila sering dipanen. Suhu cocok berkisar 14-270C dan cukup sinar matahari sepanjang hari. Ada beberapa cara memperbanyak stevia, yaitu dengan mengecambahkan biji, stek batang, misah rumpun atau kultur jaringan.

Stevia mempunyai zat gizi penting semisal protein, serat, karbohidrat, dan lemak. Kandungan mineralnya pun bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi, pada stevia juga ada komponen anti zat gizi semisal asam oksalat & tanin yang bisa mengurangi bioavailabilitas kalsium, besi, & zat gizi mikro lainnya.

Manfaat Stevia Rebaudiana
daun manis stevia rebaudiana

1. Menangkal diabetes
Manfaat daun ini bisa Anda pakai sebagai bahan alami pemanis yang tak akan meningkatkan tingkat gula di dalam darah mu, oleh karena itu diabetes bisa ditangkal. Bahkan, para peneliti mendapat temuan bahwa stevia bisa menaikan sensitivitas insulin, mengurangi tingkat glukosa darah setelah makan & menunda perkembangan resistensi insulin.

2. Mencegah efek radikal bebas
Zat alami yang dikandung sama daun ini cukup ampuh dalam mengatasi dampak negatif yang diakibatkan oleh terpaparnya radikal bebas ke badanmu.

3. Melawan kanker
Daun ini mempunyai zat anti kanker yang alami & bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan (damage) yang mengganggu.

4. Melawan kegemukan
Daun stevia bia jadi bahan yang ampuh dalam menangkal kegemukan dikarenakan tak mengandung banyak kalori untuk badanmu.

5. Menangkal hipertensi
Daun stevia mempunyai beragam khasiat bagi tekanan darah sehingga tak akan menimbulkan gangguan hipertensi.

6. Mencegah & Mengatasi inflamasi
Manfaat daun stevia sebagai anti inflamasi yaitu mampu mencegah serta menyembuhkan radang di tubuh. Daun ini mengandung anti radang alami, baik agar peradanganmu cepat sembuh.

7. Mengatasi racun
Kegunaan daun stevia bagi kesehatan tubuh bisa diandalkan dalam menangkal beagam jenis racun yang mengendap dalam tubuhmu. Mulai memakai daun ini supaya tubuhmu tak terinfeksi racun.

8. Memelihara jantung
Daun ini akan menjaga kestabilan detak jantung, jadi bisa membuatnya bekerja lebih optimal dalam tubuhmu. Memang, daun stevia belum lumayan poluler di masyarakat Nusantara. Meskipun, di luar negeri, stevia dapat digunakan sebagai pemanis kue ataupun minuman. Bentuknya pun beragam, mulai dari bubuk siap pakai sampai cairan berasa varian buah.

9. Menangkal sariawan
Kandungan alami pada daun stevia bisa membuat kesehatan rongga mulut  terjaga & tak gampang mengalami sariawan.

Tentang Budidaya Stevia Rebaudiana

Masyarakat Nusantara umumnya cuma mengenal tebu & nira kelapa/siwalan/Aren sebagai penghasil gula, meskipun terdapat tanaman lain yang di gunakan sebagai pemanis alami yaitu STEVIA.

Stevia memang lebih populer di daerah asalnya, Amerika Selatan & juga di Asia Timur semisal Cina, Jepang, & Korea Selatan. Di Negara Paraguai, suku Indian Guarani sudah memakai stevia sebagai pemanis mulai ratusan tahun lalu.

Berikut klasifikasi morfologis dari Stevia (Hutapea 1991):

Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Asterales
Famili : Composite
Genus : Stevia
Spesies : Stevia Rebaudiana Bertonii M.

Stevia ialah tanaman perdu yang berkembang di tempat ketinggian 500/1000 mdpl. Pada dataran rendah stevia lebih cepat berbunga, mudah mati bila keseringan dipanen. Suhu yang pas sekitar antara 14-27° Celsius. Harus cukup akan pancaran sinar matahari seharian. Beberapa cara untuk menggandakan stevia, yaitu dengan kecambahkan benih stevia, menstek batang stevias, dan memisahkan rumpun atau dengan jalan kultur jaringan.

Bagian tanaman stevia yang pemanis ialah daunnya. Daun stevia langsung dipakai sebagai pemanis. Cara memakainya yakni dengan dikeringkan. Proses pengeringan tak perlu panas tinggi. Dalam Skala rumah tangga, bisa dengan hanya mengeringkannya dengan sinar matahari selama kurang lebihg 12 jam, mengeringkan lebih dari itu bisa menurunkan steviosidanya. Bisa juga dengan mengeringkan stevia memakai microwave selama 2 menit, lalu dijadikan serbuk. Serbuk ini bisa langsung dikonsumsi untuk pemanis. Pemanis stevia ini pun bisa dikonsumsi sebagai cairan, yaitu dengan merendamnya dengan air 24 jam lalu disimpan di dalam kulkas.
Perbandingan air dan stevia ialah 1:4.
Yang patut diperhatikan ialah faktor keamanannya. Jangan memakai stevia secara langsung jika daun telah terpapar pestisida or bahan kimia jenis lain yang bisa berbahaya untuk kesehatan.

Pertumbuhan stevia dipengaruhi panjang hari. Stevia termasuk long day plant, sehingga tanaman ini bisa cepat berbunga & berbuah bila memperoleh panjang hari lebih dari 12 jam. Dalam hari pendek – optimum 12 jam, stevia mulai berbunga di usia 60 hari sesudah tanam. Tanaman akan berbunga 40 hari sesudah dikepras. Demikian periode pertumbuhan vegetatif lebih singkat 20 hari dibanding tanaman semaian. Hari panjang menyebabkan pertambahan ruas, bobot kering daun, luas daun, & meningkatkan gula gampang larut, steviosida & protein.

Di Nusantara, stevia ditanam pada 700-1500 mdpl dengan suhu 20°C – 24°C. Hujan pertahun rata-rata 1400 mm dengan 2 sampai 3 bulan kering. Tanaman Stevia tumbuh baik do tanah andosol, podsol, dan latosol. Stevia perlu kelembapan tanah yang cukup tinggi & mempunyai toleransi tinggi atas tanah basah. Dalam daerah tropis, tanaman stevia ini bisa ditanam terus menerus selama tahun. Oleh karena itu jumlah gula stevia setahun bisa mengungguli gula stevia daerah-daerah subtropis lainya yang cuma ditanam sekali dalam setahun.

Penggandaan biji stevia bisa dilakukan dengan biji, batang/stek, atau melalui kultur jaringan. Benih stevia berbentuk jarum & memliki warna putih kotor. Menggandakan penggunaan benih jarang digunakan sebab tingkat keberhasilannya masih sangat rendah & pertanaman yang tak seragam. Stevia yang pernah ada di Nusantara berasal dari Korean, Jepang, & China. Bahan tanaman itu berasal dari benih, oleh karena itu pertumbuhan tanaman stevia di lapangan sangat bervariasi.

1kg Bubuk stevia 110.000 belum onkir
Hub WA 085336441703

Sumber Herbal Tradisionali

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=127093008108250&id=100024226549845

https://plus.google.com/103123038939731588899/posts/9Gtpe6C5FNu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar